1 / 3
Caption Text
2 / 3
Caption Two
3 / 3
Caption Three

TEKNIK SIPIL SEBAGAI PEMERAN UTAMA

Oleh : Cristian Picaso

            Apa yang terlintas dalam benak kita saat mendengar teknik sipil ? Ya, teknik sipil adalah ilmu yang berkaitan dengan pembangunan. Teknik sipil dulunya adalah ilmu yang bisa dibilang sangat krusial bagi dunia. Banyak negara yang berlomba-lomba memajukan infrastrukturnya supaya bisa bertahan dari perkembangan zaman. Pembangunan dilakukan dimana-mana dan di berbagai bidang. Termasuk Indonesia sendiri, mempunyai wilayah yang luas menjadi indikasi ditemukannya kesenjangan pembangunan di beberapa wilayah. Nuansa adat dan budaya yang kental terkadang menjadi penghambat pembangunan tersebut. Dari sinilah bisa kita lihat peran penting ilmu teknik sipil, tidak seperti saat ini yang mulai terlupakan.
             Tanpa disadari, dunia saat ini sudah diikat dengan perkembangan teknologi yang semakin hari semakin canggih. Kemudahan dan kesempurnaan terus dicari oleh teknisi-teknisi dunia. Dunia dituntut untuk terus mengeluarkan produk terbaru yang lebih mutakhir dari produk sebelumnya. Manusia merasa terus tertantang dan ingin mengembangkan segala kemudahan yang bisa diupayakan. Sederhananya saja, begitu besar minat anak zaman sekarang pada pendidikan yang mendukung mereka dalam bidang tersebut. Bisa dilihat dari antusiasnya mahasiswa baru pada karya canggih hasil buatan kakak tingkat mereka di acara pengenalan kampus. Membuat robot canggih atau program-program inovasi virtual yang menciptakan segala kemudahan. Tidak lupa juga mobil ramah lingkungan dan pesawat terbang mini yang dikendalikan dengat alat yang dirakit sendiri. Dan masih banyak lagi karya-karya mengagumkan yang menjadi inspirasi anak-anak muda saat ini. Terpampang jelas bagaimana perkembangan inovasi teknologi merasuki pikiran kita. Bisnis dan usaha juga tidak kalah, banyak impian anak-anak muda saat ini menjadi pengusaha yang sukses di masa mendatang. Tantangan untuk mencari inovasi yang belum pernah ada menjadi dorongan usaha bisnis yang terus mereka kembangkan. Kembali lagi inovasi menjadi roh yang sangat kuat. Rasa tertantang untuk menciptakan usaha barang dan jasa yang kekinian, memudahkan sekaligus menguntungkan.
           
Tapi sadarkah kita, seiring berjalannya waktu minat tersebut terus berkembang luas dan secara perlahan menghilangkan gairah perkembangan pembangunan. Secara perlahan anak muda mulai tidak tertarik dengan inovasi pembangunan dan semacamnya. Sederhananya saja, seberapa banyak calon mahasiswa yang memiliki keinginan kelanjutkan pendidikannya di bidang teknik sipil. Sama jawabannya ketika hal itu ditanyakan orang tua mereka. Kedokteran menjadi ilmu yang sangat diminati, pekerjaan yang jelas dan penghasilan yang menjanjikan menjadi alasan kuat mudahnya para orang tua menggelontorkan biaya yang besar untuk anaknya. Tapi seberapa besar yang menyadari rumah sakit yang kokoh tempat dirawatnya pasien adalah aplikasi dari ilmu teknik sipil. Pengusaha kaya raya yang diimpikan anak muda saat ini, seberapa besar orang yang sadar ilmu teknik sipil yang membuat ruang mereka rapat dan kantor mewah mereka. Jalanan yang kita lalui setiap harinya, prasarana transportasi yang membantu pekerjaan kita dan juga rumah yang menjadi tempat memenjamkan mata untuk sekedar beristirahat sejenak, ya itu semua karya ilmu teknik sipil. Kita tentu pernah mendengar tentang korban yang tewas akibat buruknya jalan raya. Atau ratusan orang yang meninggal karena runtuhnya gedung yang mereka singgahi. Kejadian itu perlahan akan semakin banyak jika ilmu teknik sipil tidak diterapkan dengan baik. Semakin sedikitnya minat anak muda terhadap pembangunan ternyata juga mempunyai dampak demikian. Jika nantinya ilmu teknik sipil adalah ilmu kesekian dan menjadi pilihan terakhir orang-orang yang tidak kompeten, bukan tidak mungkin kejadian-kejadian tadi terus terjadi. Mungkin sekarang belum terasa besar dampaknya, tapi bagaimana sepuluh atau dua puluh tahun lagi ? Akankah masih ada anak-anak terbaik bangsa yang menuangkan kemampuan terbaiknya untuk pembangunan yang lebih baik ? Kembali lagi ini adalah tentang minat, dalam hal apa sesorang tertantang untuk memberikan kemampuannya. Teknik sipil adalah pemeran utama dalam kelangsungan berjalannya suatu pertunjukan hidup. Tanpa ada pemeran utama, pertunjukan tidak akan berlangsung secara sempurna.