Ulasan Singkat Buku Manajemen Konstruksi


Judul Buku      : Manajemen Konstruksi
Penulis             : Ir. Soegeng Djojowirono
Penerbit           : Biro Penerbit KMTS UGM
Tahun Terbit    : 1984
Tebal Buku      : 302 Halaman


Berawal dari diktat/catatan kuliah yang disusun oleh penulis Ir. Soegeng Djojowirono pada tahun 1980/1981, materi mengenai Manajemen Konstruksi ini kemudian dibukukan dan terus melalui penyempurnaan hingga saat ini sudah mencapai edisi kelima.

Manajemen konstruksi sendiri mempunyai ruang lingkup yang cukup luas, karena mencangkup tahapan kegiatan sejak awal pelaksanaan pekerjaan sampai akhir pelaksanaan pekerjaan. Dari rangkaian kegiatan tersebut, dalam buku ini akan dibahas bagaimana manajemen konstruksi yang baik agar diperoleh hasil sesuai dengan tujuan dari pembangunan tersebut. Dimana untuk keperluan tujuan ini, perlu diperhatikan pula mengenai mutu bangunan, biaya yang digunakan, dan waktu pelaksanaan.

Buku ini terdiri dari 9 bab yang mengupas mengenai manajemen konstruksi secara lebih dalam, diantaranya terdapat bab yang membahas mengenai unsur-unsur pelaksanaan pembangunan, pelelangan, penyusunan anggaran biaya pembangunan (budget, cost), rencana kerja dan rencana lapangan, dan juga terdapat bab yang membahas tentang network planning.

Walaupun buku ini diutamakan sebagai materi perkuliahan Manajemen Konstruksi untuk mahasiswa, tetapi insinyur, kontraktor, dan konsultan dapat turut membacanya. Buku ini dilengkapi dengan gambar, skema, bagan, dan contoh-contoh soal yang dapat memudahkan pembaca dalam memahami materi yang disajikan.

Comments