MENILIK SEJENAK BUKU PENGANTAR GEOLOGI TEKNIK



PENGANTAR GEOLOGI TEKNIK
Judul Buku : Pengantar Geologi Teknik
Penulis : Ir. Suharyadi, M.S.
Penerbit : Biro Penerbit KMTS UGM
Tahun Terbit : 2014 (Edisi ketujuh)
Tebal Buku : 155 Halaman

Apa perbedaan antara ilmu geologi dan geologi teknik? Seberapa penting materi geologi teknik dalam bidang ilmu teknik sipil? Menurut buku karangan Ir. Suharyadi, M. S. ini, tanggapan ahli geologi dengan ahli teknik sipil terhadap suatu masalah yang sama akan memberikan tinjauan pandangan yang berbeda. Di Indonesia sendiri, kira-kira 100 tahun yang lalu baru mulai timbul kesadaran akan pentingnya geologi dalam pekerjaan-pekerjaan teknik sipil.

Pada salah satu babnya, dibahas mengenai geologi struktur yang merupakan cabang dari ilmu geologi yang mempelajari tentang susunan batuan, bentuk atau bangunan daripada kulit bumi. Hal-hal tersebut terbentuk akibat adanya gaya-gaya endogen atau gerak pada kulit bumi yang diakibatkan adanya kekuatan seperti gaya tekan, gaya tarik, dan torsi. Kekuatan-kekuatan tersebut kemudian membentuk struktur geologi yang ada di bumi saat ini. Dilengkapi dengan ilustrasi-ilustrasi, macam-macam struktur geologi seperti kekar, patahan, lipatan, dan lainnya akan mudah dipahami oleh pembaca karena ilustrasi yang disajikan cukup sederhana.

Buku yang sudah mencapai edisi ketujuh ini, dilengkapi dengan berbagai tabel dan gambar yang sangat informatif mengenai ilmu geoteknik. Terbagi dalam 12 bab, buku ini mengulas lebih dalam tentang pengertian dan pengenalan tentang ilmu geologi serta aplikasinya di lapangan sebelum mempelajari lebih lanjut tentang ilmu geoteknik itu sendiri. Diawali dengan pengertian geologi dari beberapa sudut pandang ahli, selanjutnya buku ini mengupas lebih dalam mengenai ilmu geologi dan penerapannya, seperti susunan bumi pada bab 2, batuan dan mineral pada bab 3, penentuan umur batuan, bagaimana mencegah erosi, dan sebagainya.

Buku ini khususnya ditunjukkan bagi mahasiswa teknik sipil, namun karena buku ini akan membawa pembaca menjadi lebih paham mengenai ilmu geologi teknik secara menyeluruh, maka buku ini juga cocok bagi masyarakat umum yang tertarik untuk mempelajari ilmu geologi teknik. 

Comments

Ramadhani Fitri said…
waah sangat bermanaat sekali