Lebih Dekat dengan Geoteknik

                Jurusan teknik sipil dan lingkungan merupakan jurusan yang berkaitan dengan infrastruktur. Jurusan ini terbagi lagi menjadi beberapa bidang ilmu, yaitu bidang transportasi, bidang perairan, bidang struktur, bidang lingkungan, dan bidang geoteknik. Dari kelima bidang ilmu tersebut, bidang yang paling vital adalah geoteknik. Mengapa demikian? Geoteknik merupakan bidang ilmu yang mempelajari tentang tanah salah satunya yaitu pondasi bangunan. Dengan kata lain geoteknik mempunyai peran dalam membuat bangunan dapat berdiri kokoh dan stabil.
         Geoteknik saat ini hanya dipandang sebelah mata oleh sebagian mahasiswa teknik sipil, mereka lebih condong untuk memilih cabang ilmu lain seperti bidang transportasi atau struktur yang proyeknya terkesan lebih besar. Geoteknik memang tidak seperti bidang lainnya yang hasilnya dapat dilihat secara langsung oleh masyarakat namun justru bidang inilah yang memiliki pengaruh paling besar bagi pembangunan. Apabila kita perhatikan, Indonesia memiliki jenis dan sifat tanah yang beragam. Perlakuan yang dibutuhkan untuk masing-masing jenis tanah tersebut juga beragam. Jika membangun tanpa memperhatikan struktur tanah di bawahnya, maka bangunan tersebut tidak akan berdiri lama dan dapat mengalami kemiringan atau yang paling parah dapat mengalami keruntuhan.
         Contoh bangunan yang timbul akibat permasalahan di bidang geoteknik adalah Menara Pisa di Italia, Albert Memorial Tower di Irlandia Utara, dan Menara Oude Kerk di Belanda. Kasus yang terjadi pada bangunan yang disebutkan pertama dan kedua adalah karena tidak memperhatikan struktur tanah disekitarnya. Menara Pisa dibangun di atas tanah berpasir sedangkan Albert Memorial Tower dibangun di atas rawa lahan reklamasi. Kemiringan pada Menara Oude Kerk adalah karena ketidakakuratan hitungan pondasi sehingga tidak mampu menahan berat bangunan.


Sumber foto: Wikipedia

         Di dalam geoteknik selain mempelajari tentang pondasi dan tanah, juga mempelajari tentang gempa. Ilmu tersebut sangat penting di negara kita, karena Indonesia terletak di wilayah cincin api pasifik (ring of fire) dimana di daerah ini sering terjadi gempa bumi dan letusan gunung api. Tercatat 90% gempa bumi yang terjadi dan 81% gempa bumi terbesar tejadi di wilayah cincin api pasifik ini sehingga dibutuhkan perlakuan khusus dalam mendirikan suatu bangunan. Peran ahli geoteknik kembali dibutuhkan untuk mengatasi hal ini.
         Geoteknik sampai saat ini masih belum banyak diminati oleh mahasiswa karena hasilnya jarang diapresiasi oleh masyarakat dan mayoritas mahasiswa lebih tertarik dengan cabang ilmu lain yang proyeknya lebih menggiurkan,. Padahal cabang ilmu ini memiliki bagian yang cukup besar dalam merencanakan dan membangun suatu proyek infrastruktur. Tanpa adanya ahli geoteknik, cabang ilmu lain pun tidak akan menyelesaikan tugasnya dengan sempurna.

Comments