POJOK BACAAN "Sistem Transportasi Logistik"



Mengenal Lebih Dekat Sistem Transportasi Logistik/Sistem Logistik

Dalam dunia teknik sipil, fokus transportasi merupakan salah satu fokus yang banyak diminati oleh para calon insinyur sipil. Untuk mengetahui lebih dalam tentang fokus transportasi, tentu kita harus mengerti definisi dari transportasi tersebut. Transportasi adalah proses perpindahan manusia atau barang dari suatu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah kendaraan yang digerakkan oleh manusia atau mesin.  Dalam fokus transportasi ini, lazimnya para calon insinyur memilih diantara sistem dan infrastruktur, dimana sistem berkutat pada efisiensi dan formulasi rangkaian sistem yang akan mendukung jalannya transportasi sedangkan infrastruktur mempelajari pembangunan sarana dan prasarana transportasi darat, laut, maupun udara yang menjadi tulang punggung transportasi di dunia.

Namun sesuai definisi transportasi yang telah disebutkan, terdapat kekurangan dimana aspek transportasi lainnya yaitu perpindahan barang tidak terlalu dikenal.  Bidang yang mencakup salah satu aspek transportasi ini sering disebut dengan logistik.

(Pelabuhan Belawan, Medan)

Logistik ini adalah bidang ilmu teknik yang membuat people systems atau sistem manusia daripada machine systems atau sistem alat yang membuat dan merekayasa alat. bidang ini mencakup pengaturan secara detail dan peng implementasian dari operasi kompleks.

Mengapa ini penting? Logistik adalah alasan mengapa harga semen di papua jauh berbeda dengan harga semen di sumatra dan jawa, alasan dari kesetimpangan pemerataan ekonomi di Indonesia, dan alasan-alasan lainnya yang menyangkut harga dari suatu barang.

(Pelabuhan Singapura, Singapura)

Logistik adalah tulang punggung pertumbuhan pesat Negara Singapura yang tidak mempunyai sumber daya alam dalam 20 tahun terakhir.

Apa prospek kerja insinyur logistik? Insinyur logistik dapat bekerja menjadi analis data di perusahaan konsultan (McKinsey, IMF, World Bank, dll.), Konsultan logistik di industri manufaktur, tenaga ahli di kementerian perhubungan, serta menjadi pengusaha swasta yang bergerak di bidang transportasi dan logistik.

Salah satu Alumni Teknik Sipil UGM yang mendalami bidang ini adalah Hafida Fahmiasari (T.Sipil 2009), beliau merupakan alumni berprestasi yang memenangkan LPDP Award Tahun 2017 dan mengambil gelar Master bidang transportasi di TU Delft, Belanda. 

Semoga artikel ini membuat pembaca memperbesar wawasan tentang bidang transportasi teknik sipil.

Comments