POJOK BACAAN "Teknologi untuk Mengatasi Banjir"




Teknologi untuk Mengatasi Banjir

Sumber : http://www.mongabay.co.id/2017/05/04/banjir-bandang-sungai-ciwidey-terjadi-ini-penyebabnya/ 

Banjir merupakan salah satu permasalahan yang sering menimpa beberapa wilayah di Indonesia. Banjir tidak hanya melanda wilayah Jakarta saja, kini wilayah – wilayah lain di luar Jakarta pun mulai dilanda oleh banjir. Banyak dampak negatif yang ditimbulkan akibat terjadinya banjir, mulai dari kerugian material yang dapat dikatakan cukup tinggi hingga kesehatan masyarakat yang terganggu karena timbul banyak penyakit ketika banjir terjadi. Lalu, apakah kita hanya akan berdiam diri saja sedangkan telah jelas bahwa banjir amat merugikan? 

Nah, sebelum kita mempelajari cara untuk mengatasi banjir, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa saja sih penyebab banjir itu? Curah hujan yang sangat tinggi merupakan salah satu faktor penyebab banjir. Ketika hujan dengan curah hujan cukup tinggi berlangsung cukup lama maka akan menimbulkan luapan air dikarenakan sungai yang sudah tidak mampu lagi menahan air hujan yang sangat banyak. Selain itu, banyaknya warga yang membuang sampah sembarang akan memperburuk keadaan karena sampah-sampah tersebut dapat menyumbat saluran-saluran yang seharusnya bisa dilewati oleh air hujan, ditambah lagi dengan mulai berkurangnya lahan resapan air. Sebenarnya bencana banjir ini timbul karena ulah warga masyarakat sendiri yang kurang memperdulikan lingkungan sehingga menyebabkan musibah bagi mereka dan lingkungan sekitar.

Zaman sekarang teknologi sudah sangat maju. Kita dituntut untuk mengikuti kemajuan teknologi yang ada dan diharapkan dapat menciptakan teknologi yang dapat bermanfaat bagi orang lain dan lingkungan sekitar. Masih berbicara mengenai banjir, adakah teknologi masa kini yang dapat mencegah atau mengatasi banjir? Yuk, kita telusuri informasinya!

Teknologi yang dapat digunakan untuk mengatasi banjir salah satunya dengan membangun bendungan. Bendungan dapat menampung kelebihan air di sungai karena curah hujan yang sangat tinggi sehingga dapat meminimalisir terjadinya banjir. Selain itu ada teknologi pengelolaan sungai dengan memasang atau membangun tanggul, waduk, dan pematang. Cara ini diharapkan dapat efektif menahan debit air sungai yang tinggi ketika musim hujan sehingga air tidak aka meluap dan menimbulkan banjir.

Selain dua teknologi di atas, ada satu teknologi yang bernama Self-closing flood barrier. Self-closing flood barrier ini dikhususkan untuk melindungi warga masyarakat yang tengah dilanda banjir. Tembok yang ketinggiannya dapat diatur sesuai ketinggian air ketika banjir terjadi ini dibangun mengelilingi bangunan sehingga dapat melindungi orang – orang yang berada di bangunan tersebut maupun bangunan itu sendiri.

Tak hanya beberapa teknologi di atas, hal yang paling penting dalam mencegah sebuah banjir adalah kesadaran masyarakat terhadap lingkungan sekitar. Sangat penting untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat agar mau menjaga lingkungan di sekitar mereka dengan tidak membuang sampah sembarangan, mengalihfungsikan sungai, dan menebang pohon secara ilegal agar musibah seperti banjir dapat ditanggulangi dan dicegah sedini mungkin. 

Referensi :
https://tokopuas.com/2017/10/faktor-penyebab-banjir-di-indonesia.html
http://www.mongabay.co.id/2017/05/04/banjir-bandang-sungai-ciwidey-terjadi-ini-penyebabnya/
http://roffakerey.blogspot.co.id/2016/11/mengatasi-banjir-dengan-teknologi-self.html

Comments