1 / 3
Caption Text
2 / 3
Caption Two
3 / 3
Caption Three

ANTARA GEMPA DAN TEKNIK SIPIL



ANTARA GEMPA DAN TEKNIK SIPIL

Gempa bumi menjadi fenomena alam yang tak pernah diharapkan kedatangannya dan mempengaruhi hampir semua bidang kehidupan, khususnya kebutuhan papan masyarakat berupa tempat tinggal. Desain tempat tinggal yang apik dan tahan guncangan memungkinkan bangunan tetap berdiri. Akan tetapi, kebanyakan masyarakat Indonesia belum memperhatikan hal ini. Tak heran banyak rumah menjadi korban gempa, baik berkekuatan tinggi, sedang maupun rendah. Dalam ranah inilah peran insinyur sipil diperlukan.

           Siapakah insinyur sipil itu? Mereka bukanlah orang yang bekerja di kantor catatan sipil bidang yang mereka geluti berkaitan dengan konstruksi bangunan. Mereka adalah orang yang berprofesi dalam bidang teknik sipil dan menggunakan pengetahuan ilmiah untuk menyelesaikan masalah praktis dengan teknologi.

      Kaitan seorang insinyur sipil dengan gempa bumi yakni memberikan pemahaman tentang manajemen bencana dengan melibatkan berbagai pihak untuk mengantisipasi dan mengurangi bencana ini salah satunya dengan mendesain hunian tahan gempa.

Kunci dari hunian ini terletak pada strukturnya yang harus mampu menyalurkan gaya inersia gempa ke pondasi dan tanah. Selain itu, rumah tahan gempa memiliki denah rumah simetris dan sederhana karena bentukkan simetris membantu memperkokoh struktur dan membuat penyebaran gaya merata sehingga efek torsi akan berkurang dan kekuatannya lebih merata.

Pada prinsipnya keseluruhan bangunan terikat kuat sebagai satu kesatuan, dimana pondasi, kolom, dinding dan atap terikat kuat menggunakan tulangan pengikat. Bangunan juga harus bersifat daktail atau memiliki kemampuan berdeformasi yang tinggi khususnya di rentang pascaaelastis. Hal ini dapat dicapai bila material bangunan memiliki kapasitas deformasi yang sangat memadai. Apabila material bersifat gelas maka struktur bangunan rawan runtuh saat terjadi gempa berkekuatan tinggi. Berikut ini adalah beberapa contoh hunian tahan gempa.

OPPIDUM


            Oppidum adalah sebuah bunker yang terletak di Republik Ceko. Area sekitarnya dikelilingi oleh tembok tinggi dan tidak dapat dilihat secara langsung pada permukaan. Pembangunan oppidum ini konon dimulai tahun 1984 saat terjadi perang dingin.

RUMAH TELETUBBIES


            Rumah Teletubbies yang terletak di Sleman ini dibangun untuk korban bencana gempa bumi 2006. Bentuknya unik menyerupai kubah namun, hal inilah yang membuatnya tahan terhadap gempa.

RUMAH GADANG, MINANGKABAU


     Memperhitungkan wilayah Minangkabau yang dikenal rawan gempa karena terletak di pegunungan Bukit Barisan maka Rumah Gadang ini didesain tahan gempa.Seluruh tiangnya tidak ditanamkan dalam tanah tetapi bertumpu ke atas batu datar yang kuat dan lebar. Sambungan setiap pertemuan tiang dan kasau pun memakai pasak kayu tidak memakai paku. Hal ini membuat Rumah Gadang bergeser secara fleksibel jika terjadi gempa.

Comments